DIKSI

Dosen : Ahmad Nasher



Diksi adalah pilihan kata pembicara atau penulis dalam menggambarkan cerita yang dibuatnya. Tidak hanya diartikan sebagai pilihan kata, diksi juga diartikan sebagai suatu pernyataan yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah gagasan.


Syarat-Syarat Diksi

             Untuk menghasilkan cerita yang menarik dengan pilihan kata, maka diksi yang baik harus memenuhi syarat-syarat berikut ini diantaranya:
  • Ketepatan dalam pemilihan kata dalam menyampaikan sebuah gagasan
  • Pengarang harus memiliki kemampuan membedakan secara tepat nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan dan kemampuan menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa bagi pembaca
  • Menguasai berbagai kosakata dan mampu memanfaatkan kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang jelas, efektif dan mudah dimengerti


Ciri-Ciri Diksi
   Adapun ciri-ciri diksi yaitu:
  • Tepat dalam pemilihan kata untuk mengungkapkan gagasan atau hal yang diamanatkan
  • Dapat digunakan untuk membedakan secara tepat nuansa makna dan bentuk yang sesuai dengan gagasan dan situasi serta nilai rasa pembaca.
  • Menggunakan pembendaharaan kata yang dimiliki masyarakat bahasanya dan dapat menggerakan dan memberdayakan kekayaan tersebut menjadi jaring kata yang jelas.

Fungsi Diksi

    Ketepatan pemilihan kata (diksi) tersebut bertujuan untuk tidak menimbulkan interpretasi atau tafsiran yang berbeda antara penulis dengan pembaca. Selain itu, bertujuan untuk memperindah kalimat, pengarang ata penulis bisa membuat cerita menjadi lebih runtut. Berikut beberapa fungsi diksi yang lainnya yaitu:
  • Membuat pembaca memahami apa yang disampaikan penulis atau pengarang
  • Membuat komunikasi lebih efektif dan juga lebih efisien
  • Menggambarkan ekspresi yang ada pada gagasan
  • Membentuk gagasasan yang tepat.

Manfaat Diksi

      Manfaat diksi yakni agar pembaca atau pendengar bisa membedakan secara baik terhadap kata-kata denotatif, konotatif, sinonim, antonim, dan juga kata yang hampir memiliki ejaan yang mirip. Sedangkan bagi penulis, diksi bermanfaat agar penulis bisa membedakan kata-kata yang di tulisnya sendiri dan kata-kata yang dikutipnya dari orang lain.

Jenis Diksi Berdasarkan Maknanya


Makna Denotatif
Denotatif berarti makna asli, makna asal, atau makna yang sebenarnya dari suatu kalimat atau kata. Berikut beberapa contohnya:
  • Shinta sangat “gemar membaca”, maka tidak heran jika dia pintar dan berpengetahuan luas.
  • Arman terlihat senang, mungkin dia sedang mendapat “keuntungan yang melimpah”.
  • Badan helen sangat kurus (Kata kurus, bermakna denotatif keadaan tubuhnya yang lebih kecil dari ukuran badannya normal)
Makna Konotatif
Konotatif, yaitu menyatakan makna yang mempunyai arti bukan yang sebenarnya dari suatu kalimat atau kata. Berikut :
  • Adnan “banting tulang”, bekerja pagi sampai sore untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. (kata “banting tulang” diartikan bahwa Adnan bekerja keras).
  • Rima adalah murid yang “kutu buku” jadi tidak heran jika dia pintar dan berpengetahuan luas. (kata “kutu buku” diartikan bahwa Rima gemar membaca buku).
  • Tama sangat bahagia, mungkin dia sedang mendapat “durian runtuh”. (kata “durian runtuh” diartikan bahwa Tama mendapat keuntungan melimpah).

Kesimpulan

     Jadi Diksi itu adalah pilihan kara pembicara atau penulis dalam menggambarkan cerita yang dibuatnya. Tidak hanya diartikan sebagai pilihan kata, diksi juga diartikan sebagai suatu pernyataan yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah gagasan. Diksi juga mempunyai syarat - syarat yang harus dipenuhi misalnya ketepatan dalam pemilihan kata,mampu menguasai kosakata dan memanfaatkan kosakatanya. Diksi juga mempunyai fungsi yang dimana fungsi tersebut adalah sebagai gagasan yang tepat, membuat komunikasi lebih efektif, dapat menggambarkan ekspresi. Diksi juga mempunyai berbagai makna berdasarkan maknanya yaitu makna konotatif yang berarti menyatakan makna yang mempunyai arti bukan yang sebenarnya, dan juga makna denotatif yang berarti makna yang sebenarnya dari suatu kalimat.



Sumber  

http://www.pelajaran.co.id/2017/10/pengertian-diksi-syarat-ciri-fungsi-manfaat-jenis-dan-contoh-diksi.html

1 comment :

Reader's Comments