Kalimat Deduktif dan Induktif

Dosen : Ahmad Nasher




1.       Pengertian
A.  Deduktif
                       Paragraf deduktif adalah suatu Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal Paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan khusus yang berupa contoh-contoh, rincian khusus, bukti-bukti dan lain-lain

B.  Induktif
                  Kalimat induktif adalah kalimat yang bisa disebut juga dengan kalimat utama pada paragraf induktif. Kalimat induktif ini merupakan kalimat umum yang diletakkan pada akhir paragraf. 


2.       Ciri - Ciri
A.  Deduktif
·         Kalimat utama berada di awal paragraf.
·         Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan-penjelasan.

B.  Induktif

·         Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
·         Kemudian, digeneralisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan   penjelasan-penjelasan khusus.
·         Kesimpulan yang merupakan kalimat utama terdapat di akhir Paragraf

3.       Contoh

Contoh Paragraf deduktif:
           Kemacetan sudah menjadi hal yang biasa di Kota Jakarta. Kemacetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada di Jakarta tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, Kurangnya kedisiplinan bagi semua pengguna jalan raya. Ketiga, Kemunculan tempat-tempat yang menganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Yang terakhir, Ketidak tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas

Contoh Paragraf Induktif:
a. Generalisasi
       Setelah ujian anak-anak di periksa, ternyata nilai mereka beragam. Sebnyak 20 siswa nilainya melebihi standar kelulusan. 10 siswa mendapat nilai tepat pada standar kelulusan, dan tidak ada seorangpun yang mendapat nilai dibawah standar. Bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini cukup berhasil.
b. Analogi
       Belajar di masa tua membutuhkan usaha yang ekstra karenakan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini sudah sangat berkurang. Bahkan motivasi yang dimiliki juga sudah melemah karena terlalu banyaknya pikiran yang mengagngu. Itulah mengapa dikatakan belajar di waktu tua seperti melukis di atas air. 
c. Sebab-akibat
       Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan. Banyak sampah yang menumpuk akibat kita sering membuang sampah sembarangan. Terlebih lagi, mendangkalnya permukaan saat ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan banjir selalu datang setiap hari.

4.       Pola – Pola
A.  Deduktif
- Umum,
- Khusus,
- Khusus,
- Khusus.
B.  Induktif
- Khusus,
- Khusus,
- Khusus,
- Umum.


Kesimpulan
            Jadi Kalimat deduktif itu adalah kalimat yang terletak di awal paragraf dan diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dengan penjelasan bersifat khusus sedangkan kalimat induktif adalah kalimat umum yang diletakkan diakhir paragraph. Kalimat induktif & deduktif juga mempunyai ciri-ciri yang dimana pada kalimat induktif ciri-cirinya (Diawali dengan penjelasan khusus,kesimpulan yang merupakan kalimat utama terdapat diakhir paragraph), sedangkan deduktif (Kalimat utama berada di awal paragraph, Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan-penjelasan). Kalimat induktif juga mempunyai pola yang dimana (khusus,khusus,khusus,umum) sedangkan deduktif (umum,khusus,khusus,khusus). Perbedaan antara kalimat induktif & deduktif yaitu pada penempatan kalimatnya yang dimana kalau induktif berada pada akhir kalimat dan deduktif berada di awal paragraph. Kalimat induktif juga mempunyai beberapa jenis yaitu (Generalisasi,analogi,sebab-akibat,perbandingan).


Sumber : http://materikelasmu.blogspot.co.id/2015/11/kalimat-deduktif-dan-induktif.html





No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...