Fungsi, Persyaratan dan pengembangan paragraf

Dosen : Ahmad Nasher

Fungsi, persyaratan dan pengembangan dalam paragraf
Fungsi Paragraf :
    1.    Memudahkan pengembangan topik sebuah karangan
    2.    Memudahkan pengendalian variabel, terlebih pada suatu karangan yang  mempunyai beberapa variabel.
    3.    Memudahkan pengorganisasian gagasan untuk yang menulis
    4.    Menandai peralihan gagasan baru untuk sebuah karangan
    5.    Dapat mengekspresikan gagasan yang dituangkan dalam tulisan



Persyaratan Paragraf :
Paragraf yang baik adalah yang memperhatikan unsur kepaduan, kesatuan, dan kelengkapan paragraf. Berikut penjelasannya
  • Kepaduan Paragraph
Dalam paragraf dikenal istilah koherensi atau kepaduan. Setiap paragraf seharusnya berisikan kumpulan kalimat yang saling berhubungan satu sama lain secara padu, tidak berdiri sendiri dan terlepas satu sama lain.
  • Kesatuan Paragraph
Setiap paragraf hanya mengandung satu gagasan utama yang diwujudkan dalam kalimat utama. Jika dalam sebuah paragraf terdapat lebih dari satu gagasan utama, maka pembahasan dalam gagasan utama pada paragraf tidaklah berfokus pada apa yang ingin disampaikan. Maka kumpulan kalimat tersebut bukanlah sebuah paragraf yang baik.
  • Kelengkapan Paragraf
Sebuah paragraf dapat dikatakan paragraf yang baik jika terdapat kalimat-kalimat penjelas secara lengkap di dalamnya. Kalimat penjelas berfungsi untuk menunjang kejelasan gagasan utama yang terdapat dalam kalimat utama. Ciri-ciri kalimat penjelas yaitu berisi keterangan berupa klasifikasi, spesifikasi, penjelasan, contoh dll.




Pengembangan Paragraf :
Pengembangan paragraf adalah suatu paragraf yang menghendaki adanya pengembangan atau perluasan yang berintikan kalimat utama.Metode pengembangan paragraf adalah cara-cara bagaimana kita mengembangkan suatu paragraf.
Dalam melaksanakan pengembangan paragraf biasanya diawali dengan mengubah topik cerita menjadi sebuah kalimat tunggal yang bersifat umum.dimana kalimat ini masih menghendaki penjelasan, kalimat inilah yang disebut dengan kalimat utama. Setelah kalimat utama tersebut dijadikan permulaan paragraf, maka langkah selanjutnya ialah menguraikan kalimat-kalimat yang sesuai dengan kalimat utama.Kalimat inilah yang disebut kalimat penjelas.

Kesimpulan :
          Jadi paragraph itu adalah sekumpulan kalimat yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Paragraph itu juga mempunyai fungsi yaitu Menandai peralihan gagasan,memudahkan pengembangan topik,dll. Selain itu paragraph juga mempunyai persyaratan tersendiri missal antara paragraph satu dengan yang lain harus berkesinambungan, harus terdapat kalimat penjelas didalam paragraph tersebut. pengembangan paragraph adalah suatu paragraf yang menghendaki adanya pengembangan atau perluasan yang berintikan kalimat utama Kemudian paragraph sendiri juga punya metode pengembangan dengan cara mengubah topik cerita menjadi sebuah kalimat tunggal.



Sumber :
-  https://kakaongoh.wordpress.com/2016/10/04/pengertian-syarat-ciri-fungsi-jenis-dan-contoh-paragraf-yang-baik/
- http://ernihalawa.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-dan-pengembangan-paragraf.html

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...